Real Review Andromax A

Kata Pengantar
Kali ini saya akan membuat review tentang ponsel Andromax A, blog saya bukan blog ponsel sih, tapi saya yakin review ini cukup jelas dan lengkap tidak sekedar membaca spek diatas kertas, melainkan hasil uji dan pengalaman saya sendiri. Kenapa saya tertarik membuat review tentang produk satu ini, karena simpel, belum ada blog yang menjelaskan atau review sejelas atau se- realistis yang saya tulis dibawah. Blog lain paling hanya mengulas, bagaimana spek diatas kertas, dibanding produk lain, atau uji benchmark dimana semua itu nyaris ga ada gunanya untuk penggunaan sehari-hari. Lalu apa perlunya buat review seperti ini? simpel, perusahaan operator tercinta kita ini sedang melakukan perpindahan jaringan, dimana kita pelanggan setia harus mengganti RUIM card dan ponsel / modem jaringan EVDO ke LTE (dengan frekuensi baru). Sedangkan yang namanya ganti alat itu pasti keluar duit, yang pastinya kalo ada gratisan atau diskon pasti diutamakan [curcol pengalaman pribadi].

Latar Belakang
Mengikuti program pemerintah yang mengharuskan operator ganti frekuensi, pelanggan setia [saya salah satunya] harus ganti device, maka akhir pekan lalu saya mengunjungi galeri terdekat untuk menukar device [beli coy!!]. Saya mendapatkan penawaran diskon sebesar 450 rb untuk pembelian ponsel 4G, sayang hanya terbatas tipe E2 dan A. Karena saya sudah "hands on" ke E2 dan merasa kecewa dengan kualitasnya, saya ga minat dengan E2 ini. Selanjutnya, saya dapat penawaran untuk mendapatkan seri A, ya, Andromax A! ponsel yang cuma seharga 649 itu! dipotong diskon 450 jadi tinggal 199! Ga percaya? Sama, pada awalnya [REVISI: nominal diskon bervariasi, ada yang cuma 200 rb, 450 rb bahkan ada yang benar-benar gratis, teman saya dapat gratis, tergantung pemakaian pulsa per bulan, makin banyak, makin besar diskon nya]. Ya sudah, saya satroni saja galeri terdekat dan benar, dapat. Alasan lain perlunya ganti device LTE ini adalah, ternyata ancaman pindah jaringan itu nyata, jaringan EVDO saya yang telah menghasilkan ratusan giga koleksi anime itu benar-benar sudah tewas, sulit sekali untuk digunakan [super pelan]. Setelah Mas Gendut datang ke rumah bawa E2 nya, dan saya coba LTE vs EVDO ternyata benar, sudah waktunya ganti. Buat yang butuh ponsel 4G murah tapi lumayan multi fungsi, ponsel ini rekomended banget.

Pembahasan
andromax a milik saya + hasil foto asli andromax a

      
Spek Singkat:  
Android lollipop 5.1.1, jaringan 4G LTE, layar 4.5 inch, RAM/ROM 1/8 (tersedia 4.6GB), kamera belakang 5mp auto fokus+flash, depan 5mp wide angle, dan cukup terang. Spek lain buka sini aja situs resmi, ga penting juga ku pajang. kalo begitu langsung saja apa kelebihan dan kekurangan ponsel ini dalam kehidupan sehari-hari, bukan kontes benchmark atau sekedar kontes adu spek web.

Kelebihan nya dulu: 
  1. Asli 4G LTE, ya ini yang paling bikin saya terkejut, bayangkan selama ini saya pake ponsel EVDO dengan speed paling banter 300 KBps [jarang bgt akhir-akhir ini] dan bertahan dibawah 100KBps, ternyata dengan ponsel ini kita bisa dapet 1MBps, ga percaya? ya tentu posisi menentukan prestasi [REVISI: kecepatan download rata-rata memang meningkat dibanding EVDO. Sebagai perbandingan, EVDO max: 300KBps - umum: 100KBps. LTE max 1.1MBps - umum: 300KBps]
    IDM asli coy, bukan speed test
  2. Kamera belakang real auto fokus lho, dulu ponsel 800 rb an aja masih fixed fokus. Hasil kamera nya mana? tuh gambar diatas [foto dus andromax a] diambil dengan andromax A, indoor, cukup terang tanpa modus malam, tanpa flash. sedangkan kamera depan nya sudah wide angle, itu lho, kalo buat selfi ga usah pake tongsis kaya dulu lagi, karena cukup dg jangkauan tangan, area yang terfoto cukup luas. oiya, ragu dengan kualitas kamera depan ponsel murah ya? awalnya sama, tapi yakinlah, buat yang ragu, anda keliru, hasilnya sama dengan kamera belakang nya. ya kalo dibandingkan zenfone selfi nya Kakak Kim yang seharga hampir 3 juta, dengan front cam 13mp AF nya itu ya jauh ya. Tapi untuk sekedar selfi profil bbm cukupan lah, cukup terang &jelas kok di indoor meski tanpa flash 11-15 lah sama front cam nya redmi 2. [blom sempat foto selain muka sendiri, jadi belum bisa bikin contoh foto, malu, teehee v(°∇^*)⌒☆] [REVISI: bandingkan sendiri deh bagus mana dengan redmi 2]
  3. Body ponsel, kebetulan saya dapat warna hitam, jadi cuma bisa mengulas warna ini. bodynya doff, keset coy, di masukin saku ga bisa nge-slide dengan cepat. 
    Bentuknya kotak dengan sudut agak oval, untuk saku jaket ku yang sempit, ga bisa dipaksa masuk, tapi body kotaknya ini menurutku malah suatu kelebihan, karena kita bosan kan dengan body yang terlalu oval, kesannya sejuta umat banget, kaya sony kan berkelas tuh kotaknya, sudut lancip pula. Oiya ga ada lagi nih bezel silver kaya ponsel murah sejuta umat yang mesti ngelupas itu. Full doff tanpa secuil pun bezel, termasuk pinggiran kamera nya.
    Terus jarak antara touch screen dan LCD juga ga terlalu jauh, ga kaya E2 hahaha padahal satu merk haier.
  4. Memasuki performa, saya cukup puas lah, buka crome browsing, kemudian tutup dengan tombol home, kemudian buka bbm, no lag! di ponsel saya lho ya, ga tau kalo kalian. Kemudian untuk fitur tambahan nya, ada fitur gesture, contohnya untuk buka screen cukup ketuk 2x, atau buka kamera dari keadaan screen mati cukup gambar huruf C, tanpa harus pencet tombol unlock dulu. kalo fitur ini kurasa ada agak leletnya, butuh kira-kira sedetik untuk respon.
  5. Ukuran nya mirip redmi 2, meskipun redmi 2 4.7 inch sih, tapi coba liat.
    mana redmi mana andromax ?

     
Nah Sekarang Kekurangan nya
  1.  Warnanya terkesan ga mewah [tolong jangan dibaca mentah-mentah, ini adalah bahasa yang sudah saya perhalus]
  2. Saat screen nya mati, kelihatan kalo itu bukan redmi [sekali lagi, tolong, ini bahasa halus]
  3. Ga ada flash depan , buat alay selfi ini termasuk penting kali ya, ambil saja seri E2 atau E2+.
  4. Oiya ini agak berat butuh perhatian khusus, Andromax A harus melakukan update sistem, karena sistem bawaan nya belum sempurna, kalo kalian beli nih hp, usahakan aktifkan langsung di galeri, cek apakah sinyal sudah terdeteksi, bisa buat telpon, dan terima sms, kalo belum minta update sistemnya sekalian, gpp free dan cepat kok. Ga ribet kok, malah sambil nunggu sekalian bisa main gadget mahal di galeri hahaha [ada hisense pureshot 3jt an yg boleh di main-mainin]
    punyaku udah paling update
  5. Ponsel ini mendukung volte, apa itu, ah ga penting, paling juga kalian ga paham, yang jelas volte bisa kubilang tulang punggung ponsel ini, fitur volte harus nyala, kalo engga, ponsel ini ga bisa terima sms.
  6. Kekurangan pada hasil kameranya, ya wajarlah kalo noisenya banyak, ada lagi kalo kena warna putih bisa menimbulka partikel berpendar putih, silahkan klik contoh foto paling atas [foto dus andromax] terus di zoom, maka partikel yang ku bilang akan tampak jelas.
  7. Charge nya cukup lama kalo pake charger ponsel lain, padahal sama-sama berkekuatan 1000maH. Pakelah charger aslinya untuk charge dengan waktu yang wajar.
  8. Fitur Snapdragon audio cuma terasa kalo kalian pake headphone mahal [untung punya]. Tapi asli, ini lebih baik dibanding punya E2 yang equalizernya ga bisa diedit..
  9. Layar agak redup apalagi kalo kalian pake brightness paling low dan auto di dalam ruangan. Maksudku bukan cahaya latar nya, bisa aja di bright pol, tapi warna nya itu kaya tv kurang di pol kontrasnya, silahkan dibandingkan dengan andromax C buatan hisense.
  10. Ga ada sensor gyro, ga ada OTG. Kupikir nambahin OTG masa iya nambah ongkos banget sih, kan penting nih buat nambah-nambah gadget buat kerja, nyimpen dokumen-dokumen kan lumayan, kalo gyro mah ga penting [penting sih] karena gunanya cuma buat ngabisin kuota dengan nonton youtube 360 atau main game VR yang spek nya ga didukung oleh ponsel ini, jadi ga guna juga ada gyro nya.

Kesimpulan
  1. Fitur vs Harga sangat masuk akal, sangat layak untuk sekedar penggunaan biasa dan merasakan speed LTE. Yah kalo kantong kalian kaya Mas John yang hobi beli ponsel premium, tolong lewati dan lupakan aja semua tulisan blog ini. 
  2. Buat yang belum tuker ke LTE mending cepetan deh, keburu promo abis dan jaringan lama EVDO koit. Deadline nya akhir september 2016 lho, sumber: sms dari operator ke nomer CDMA lama ku. 
Penutup 
Untuk yang masih ragu silahkan tanya saya, baik itu fitur atau program promo nya. Saya samasekali ga dibayar siapapun dan blog ini tidak pasang iklan apapun, saya cuma ingin membantu daripada kalian tersesat baca blog yang isinya cuma baca spek dan benchmark. Ga semua pertanyaan saya jawab, hanya kalo tau, ada waktu luang dan sedang mau saja ya. 

Comments