Thursday, September 20, 2012

Ganti Busi Honda BeAT

halo all, lama juga ane ga ngeblog. ah ini gara2  bingung nyari di gogel ga ada tutorial nya, mending ane tulis aja di nih blog hehehe. ok, berawal dari motor beat ane yg minta di bersihin busi nya, soalnya sering kendor tenaganya saat di gas. nah suatu hari ane iseng muter2 stasioner di karbunya [kebiasaan iseng muter stasioner supra ane buat nyari gas n angin yg pas, biasa, modal insting balap aja] nah pas buka tutup stasionernya eh copot masuk ke bawah karbu. ah sekalian aja ane buka bodynya buat copot busi. walah ga taunya sulit bin absurd bgt nih susunan body nya. gimana cara nyopot bodynya. trus ane gogling eh ga ada, cuma pengen tau aja gimana sih ini nyopot body. akhirnya berbekal ingatan waktu servis dulu [lama ga di servis bengkel karena penulis merasa tukang bengkel itu ga ngerti apa2 n mesti ngerusak motor hehe] akhirnya ane beli kunci T10 buat buka jok. ok kita mulai aja, [oiya kalo yg udah expert biasanya dah bisa, ane nulis ini buat nyubi2 penyuka bongkar2 aja, soalnya blm ada tuh di gogel hehe]

1. siapin obeng kembang, kunci busi n kunci T10.

2. buka sekrup di perut [halah] seperti yg ane tunjuk. ada 5 sekrup. oiya, penutup body ini belum bisa dilepas lho. ntar ya, sabar.


3.buka jok, ambil sekat yg nutup aki, gunakan kunci T10 utk membuka 2 sekrup ini

4. lanjut copot aki dari kabelnya


5. ambil aki dan sisihkan [emg acara masak? hahaha], nah dibawah aki ini ada 2 sekrup rahasia lagi, buka dengan kunci T10
angkat kotak yg ane kotakin dg warna merah, cabut kabelnya ati2. lanjut angkat yg dikotak ijo, ga perlu dicopot kabelnya kalo ini. perhatikan lempengan yg nempel di bodi lambung ini [yg ane tandai warna biru], copot aja, ini utk membuka lubang yg cukup besar utk mengeluarkan komponen di kotak ijo  n kabel2 aki.

6. angkat jok keatas beserta lambung tempat jeroan, ingat, kabel2 lewatin lubang tadi supaya terpisah dg lambungnya. nah kalo jok udah terangkat skrg saatnya proses membuka body bagian perut pun dimulai, tarik sesuai arah panah dg 2 tangan [kiri n kanan] bagian no 1 merah, kalo udah terlepas, tarik bagian no 2 merah sesuai arah panah.

7. tadaaaa jeroan honda beat kebuka kaan hehe. lho tapi mana businya [hehe]. ada noh dibalik tulang rangka yg ngadep kita. dibawah kanan lambung.


8. nah trus buka tutup busi nya. gampang, cabut aja. cuma posisi tangan nya emg agak sulit. trus ambil kunci busi n colokin dg batang besi [obeng bisa].

9. hehe nih akhirnya bisa juga, mana dah item businya. gosok dg amplas abis tuh sip lagi deh hehehehe.
10. oiya langkah balikin nya sesuai urutan diatas cuma dibalik aja.
yg paling sulit nutup cover body ini. begini langkahnya. masukan pengait pada area nomer 1 [pastikan pas kanan kiri], kemudian area no 2 kan blm masuk tuh, pukul aja pake telapak tangan dg sedikit cinta dan tenaga dalam, cklek!! beres, pasang jok, masukan jeroan ke dalam lambung, pasang aki. coba di start dulu mesin nya, idup ato ga. kalo idup berati berhasil, lanjut sekrup lagi semua bagian.


nah begitulah cara mencopot busi pada matic yg cukup absurd menurut ane hahaha. ga kebayang kalo ada cewe imut2 yg naik beat trus mau bongkar busi hahahaha.

26 comments:

  1. Wah.. terima kasih bro Info nya.
    Bermanfaat sekali.
    Ditunggu postingan tips berikutnya..

    ReplyDelete
  2. Mantab mas. Terimakasih..

    udah ndak njendal-njendul karena busi mati, abis takut pecah covernya kalo maksa buka gak tau triknya. Maklum kebiasaan pake pejantan yg kalo ganti busi tinggal cabut kop. :D
    Asli absurd, entah maksudnya buat ngejar estetika kali ya? minimalisasi per-bautan, karena baut kalo terlalu kenceng njepit plastik bikin pecah juga. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe mohon maaf kayanya step ke 6 terlihat agk sulit. sebenernya mudah sekali, tinggal tarik bag lambung atas maka terlepaslah lambungnya. bener, kalo terlalu ngandelin baut, seperti motor supra, pecah semua plastiknya.

      Delete
  3. emag kalau di buka aja kover depan tanpa buka jok gak bisa ya Mas...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut berkali2 percobaan, saya sih blm bisa hehe. soalnya buka kover ditarik ketas dulu. jadi pasti mentok ke jok kalo dibuka.

      Delete
  4. makasih boz infonya, mantab ....

    besok ane mo ganti busi sepeda ane soale

    heheheeee.....

    ReplyDelete
  5. wah terima kasih

    ReplyDelete
  6. makacih banyak infonya. sy nyari2 di mbah gogel gak nemu2.

    ReplyDelete
  7. mantap.. mksih ilmu kanuragan nya broo

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba dulu bro. kalo ada langkah yg lbh baik, share ya

      Delete
  8. Replies
    1. ok silahkan. kalo dapat cara yg berbeda silahkan di share

      Delete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. Trims infonya pak bro
    Tpi G perlu buka lambung kok, saya cuma buka cover depannya aja, bisa kok.. Nariknya kearah bawah, g perlu pake paksaan.. Masang baliknya juga gampang.. G pake tenaga ko apalagi tenaga dalam..
    Salam, cewek imut yg bru ganti busi mtor beat sendiri...

    ReplyDelete
  11. Wadeeeh salah.. Maksud saya g perlu buka jok, g perlu bongkar-bongkar aki gitu pak bro..
    Cuman klo buat cowok psti rda absurd ya, soalnya posisi tangannya ribet.. Klo buat cwek sih, gampang aja, maklum, ramping tangannya.. Mihihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai cewe imut anonim, koreksimu sangat diterima, kalo kamu hobi bongkar2 ayo kita sharing yg seru2 lagi hehehe.

      Delete
  12. mau nanya neh gan..
    Beat ane tiba tiba mati sendiri neh...
    Terus di idupin pake electric starter ga ada respon apa apa... Padahal rem udah diteken terus standar udah dinaekin... Kalo pake electric starter ga bermasalah...
    Kondisi aki bagus...
    Kira kira apa yah masalahnya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo ga diliat langsung ane juga ga tau. mending bawa ke ahass aja.

      Delete
  13. Nice info

    ditunggu postingan tentang cara mengganti Oli Shockbreaker Honda beat...

    salam beat imut....

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh hahaha kalo itu ilmunya blom nyampe. lagian beat saya masih empuk betul

      Delete
  14. Terima kasih infonya, Ndan.

    ReplyDelete