Masih Ingat Modem Wajanbolik?

Halo All, masih inget tren wajanbolik sekitar taun 2010/2011 an dulu? Hahaha itu lho modem yang ditaruh wajan sebagai penguat sinyal, Kang Ipul bilangnya "modem goreng".

ilustrasi wajanbolik
Kali ini aku tidak akan membuat tutorial atau mengajak saudara-saudara sekalian untuk membuat wajanbolik karena (seperti biasa) udah banyak blog lain yang bikin. Aku bikin cerita curhat saja kalo gitu. 
Belakangan ini provider kesukaan kita semua, provider langganan ku tercinta, yang inisialnya S, yang slogan nya anti lelet jaringan stabil dsb, yaitu smartfren sedang dirundung masalah ketidak-stabilan. Kalo pas lagi ada promo, kaya launching ponsel baru, atau promo 4G di wilayah pelosok, tau-tau jaringan ku ikut joss. Sinyal EVDO tiba-tiba penuh, kecepatan download bisa 300kbps, dg pingnya 89ms (aih skrinsotnya ketinggalan di hp). Tapi kalo udah selesai itu promo-promo, jaringan kembali ke habitatnya, speed download maksimum 70kbps, paling kesel kalo jaringan udah kaya hidup segan mati tak mau, bisa maksimum 15kbps.

hyperspeed 6G!!!
 Bayangin, 56 MB aja 1 jam, ga genah. Sebagai perbandingan, kalo sinyalnya sedang full, 400 MB bisa ditempuh kurang dari 20 menit lho (aku ga promo 4G lho, karena aku ga percaya dg begituan). EVDO kalo udah bisa dipake stabil dan sinyal full itu lho udah cukup, mau streaming yutub juga lancar sampe 480p (buat apa streaming 720p-1080p coba? kaya monitor hp mu 43inch aja, lagian kaya kuotamu dewa aja), jadi ga ada alasan ikut tergila-gila 4G.

Hahaha sudah-sudah kok curhat nya detail banget sih. Jadi gini, udah beberapa hari ini sinyalnya sedang tidak promo, jadi kecepatanya mengeliat-geliat. Nah pagi ini karena jengkel, download ga kelar-kelar, aku berusaha cari ide gimana biar sinyal ini bisa agak mendingan, ga lemot-lemot amat (sebenernya di tempatku lebih sering sinyalnya ngebut daripada lemot) jadi aku ga pernah cari ide gimana cara memperkuat sinyal. Kemudian aku teringat tren wajanbolik yang sempat ngetop itu, maka sehabis sahur, aku ambil lah wajan emak, mumpung ga dipake karena puasa. Aku taruhlah ponsel andalan ku ditengahnya seperi ini.
andromax goreng!!
Walhasil.... Warbyasah!!
aku sampe kaget
Dari sebelumnya mentok di 24kbps bisa langsung stabil di 130-140kbps. Foto ini saja sampe diambil tanpa fokus akibat tercengang dengan drastisnya peningkatan yang bisa didapat wajan gosong. 
Heee.. ternyata tren wajanbolik itu ada benarnya juga hahaha.
Sebagai perbandingan, ini speed saat sedang normal, meskipun sembunyi di kolong meja, speed tetap segini.
EVDO saat normal

Gimana, percobaan ku tadi, luamayan kan. Hahaha sampe saat ini 4G cuma kuanggap sebatas gosip semata.


Comments