Proses Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Kabupaten Malang

Kali ini aku akan membagi informasi tentang pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Malang. Seperti yang sudah diketahui umum, membayar pajak kendaraan bermotor adalah di Kantor Samsat, untuk Kab Malang kantor samsat berada di karangploso [kalo belum tau bgt, bukalah map di smartphone kalian].
Postingan ini bermula dari kegalauanku dalam menentukan berapa sih biaya sebenarnya pembayaran pajak 5 tahun untuk motor. Saat itu aku bertanya pada gendut, dan dia bilang dia ga tau karena yg urus temen nya [calo kali ya, mahal pokoknya sampe dia ga mau sebut], tanya si mox juga ga tau karena dia ga pernah urusan dg birokrasi macam ini [semuanya diurus papah], tanya si kim katanya mahal, lha wong dia juga abis bayar kena total 500 ribu, "wih duit opo ae iki kim?" tanyaku. Padahal motornya kim 5 tahun lebih tua dari motorku, dimana motorku sekarang sukses berumur 10 tahun. "Gendheng rek", batinku. Usut punya usut ternyata kim melakukan Balik Nama [dimana balik nama itu lebih ribet dari pajak 5 tahun, tentu duitnya juga gede]. Berbekal duit pas 400 rb akhirnya aku nekat ke samsat juga. Halah ternyata harga pajaknya tetap,ditambah biaya 10 ribu utk fotokopi macem2 dan 80 ribu utk TNKB [ongkos bayar plat kali ya].
Lalu bagaimana alur nya? ok ini kuberi tahu

Pajak Tahunan [satu tahun sekali]



denah samsat buatanku

Bahan yang kalian butuhkan:
1. STNK 
2. KTP / KTP pemilik STNK
3. map
4. bolpen

Langkah yg kalian harus lakukan: 
  1. Setelah melakukan pendaratan di tempat parkir yg disediakan [tarif parkirnya 2 ribu, gapleki di kantor polisi kok ya mahal, kaya parkir liar pinggir jalan ae]. Langsung menuju tempat bernomor 1 sesuai denah. Yaitu tempat fotokopi, belilah map dg harga seribu.
  2. Lanjut dg mengisi data di covernya map [nama, nopol sesuai STNK], kemudian serahkan ke petugas loket formulir pada tanda nomer 2 di denah.
  3. Setelah di stempel dan di oret-oret bawalah ke poin nomer 3 yaitu pendaftaran, pintu masuknya pada panah ijo. Duduklah kemudian, cari tempat depan biar kalian dengar saat dipanggil.
  4. Setelah nama STNK kalian dipanggil, datanglah ke point nomer 4 yaitu kasir. Lakukan pembayaran sesuai yg disebut petugas [ada di dalam stnk kalian tarifnya, tiap kendaraan beda, ga perlu kubahas]
  5. Kemudian bawa STNK dan pembayaran pajak kalian ke loket nomer 5 yaitu pengesahan STNK.
  6. Selesai, pulanglah kalian
untuk pembayaran pajak tahunan ga perlu fotokopi apapun dan tidak usah bawa BPKB.


Pajak 5 Tahun
sama, denah samsat buatanku juga
Bahan yang kalian butuhkan:
1. STNK
2. KTP/KTP pemilik STNK
3. BPKB
4. map
5. bolpen

Langkah yang harus kalian lakukan
  1. Pastikan kalian mendarat dg selamat di parkiran, nah khusus pajak 5 tahun gunakan parkiran di belakang tempat utk cek fisik, diluar parkiran biasanya, petugasnya ntar ngasih tau setelah lihat plat kalian. Kemudian langsung menuju poin 1 yaitu fotokopi, keluarkan BPKB, STNK dan KTP pemilik STNK, bilang saja pada petugas fotokopi, "pajak 5 tahun" kalian ga perlu tau berapa yg harus difotokopi, petugasnya udah tau [ya aku tau sih, masing2 di fotokopi 3x dan di butuhkan 3x, jadi ntah 9 lembar per item, "wes ga usah di itung2 ruwet, tinggal terima ae"] nah tarifnya adalah 10 ribu rupiah udah termasuk map. Tulis nama dan nopol di cover map jgn lupa kalian bawa ke poin nomer 2.
  2. Di poin nomer 2 adalah loket cek fisik. Berikan map yang kalian bawa pada petugas di loket tersebut. Setelah dicoret2, kalian akan mendapat 2 lembar formulir kosong ttg biodata kendaraan kalian, di isi ntar aja setelah gesek nomer. Selanjutnya bawa motor kalian [disini aku contohkan motor saja karena aku ga pernah bawa mobil, belum punya] ke petugas penggosok nomer. berikan juga formulir kosong tadi, oi jangan lupa buka bagian motor kalian yg mengandung nomer rangka dan nomer mesin. Kalo matic mudah, nomer rangka dibawah jok [matic honda], lha kalo bebek [supra dkk] di batang setir, kudu buka bodi bagian kiri. Lanjut, petugas menggosok nomer tsb ke kertas kosong tadi. Setelah itu isilah biodatanya, nomer registrasi di bagian atas formulir, kosongkan saja. Setelah terisi, bawa balik map+ kedua formulir ke loket cek fisik tadi utk kembali dicoret2 [kembali ke loket poin 2 setelah gesek nomer + isi biodata kendaraan]
  3. [REVISI] >>>selesai cek fisik, bawa ke loket TNKB di no 4. setelah di coret-coret, bawa map ke lantai 2, no 3 pada peta.
  4. Setelah urusan dg loket nomer 3, pergilah ke loket nomer 5. Disitu diminta biaya "petugasnya kemaren bilang apa, TNKB apa gitu ya" kena 80 ribu rupiah. Setelah diberi Formulir, isi, langsung bawa ke pendaftaran di loket nomer 6. 
  5. Selanjutnya  seperti pajak tahunan, lalui loket nomer 7 utk pembayaran, tarif nya sama kok seperti tahunan. Kemudian setelah diberi tanda bukti pembayaran pajak, menujulah loket nomer 8 , disini kalian diharuskan menunggu sebentar "entah validasi entah apa" kemudian diberi STNK baru [saat itu aku belom dapet, katanya 6 bulan lagi "opo iki, negara kehabisan kertas, jan ga payu tenan"][REVISI] bulan 11 ternyata sudah cepat kok, STNK sudah langsung dapat.
  6. Kemudian bawalah STNK/tanda pembayaran pajak kalian ke loket nomer 8 tempat cetak plat. Sebentar doang kok. Maka selesailah quest kalian di kantor samsat untuk pembayaran pajak kendaraan 5 tahun.
Total biaya yg ku keluarkan 10 ribu [fotokopi] + 80 ribu [loket 5] +178 ribu [pajak motor bebek] + seribu [plastik STNK baru, ga wajib sih] + 2 ribu [parkir liar ala jalanan]. Jadi total tuh berapa? itung sendiri, yg jelas utk bebek cc kecil 10 tahun ga sampe 500 seperti kata kim.

yo, sekian utk hari ini. Main ke samsat kaya menjalankan Quest  di game RPG kan hahaha. Bulan depan akan ku posting tentang alur perpanjangan SIM di Kab Malang. "kalo sempet, kalo inget, kalo ga males, kalo semar ga ngadat, kalo ga perpanjang lewat SIM keliling"

Comments