ganti kampas rem tromol supra

wow kalo ini udah sering saya bongkar hahaha meski kurang paham dan hanya berbekal tekad "memastikan semua optimal". nah kalo keluhan tromol belakang ini biasanya rantai kendor [jadi teringat dulu jaman awal naik motor ini, masa tiap tahun ganti gear set gara2 rantai kendor yg dibiarin]. akhirnya saya curi aja ilmu tukang bengkel cara lepas ban n kencangin rantai. keluhan lain adalah tarikan roda belakang yg ga spontan. hal ini sering saya alami dari jaman pake velg spoke ato ruji. keluha lain bila jarang dirawat adalah lampu rem yg ga konek/mati, injek pedal rem yg harus dalam supaya berhenti, dan rem yg ga pakem tentunya. dan semua masalah itu bener2 membuat saya berpikir untuk tidak ke bengkel bila ga parah dan bisa dikerjakan sendiri penuh cinta.

1. udah langsung aja kita copot baut as rodanya.


2. nah ini penyebab rem ga pakem, debu akibat gesekan kampas yg ngumpul di dalam tromol. bersihkan  dengan sikat sampe mengkilap hahaha. oh iya, bersihkan juga pemutar kampas nya. putar2 biar ga seret n beri sedikit oli biaar nge slide n berfungsi balik.


3. nah kalo ini masalah kenapa tarikan ga spontan. nah karet item2 ini oblak, ga kencang. cara ngakalin nya mudah banget [hemat ga perlu beli baru]


 
ambil ban dalem secukupnya. gunting kotak2 kecil sesuai tempat di velg.

 
pasang karet ganjal itu dimari 


nah kencang lagi kan. pasang dan cobalah. tarikan sudah enak.


4. nah kalo rem terlalu dalem. mudah juga ngakali nya. lepas aja paha rem, dan pasang lbh ke belakang [tergantung selera dah hahaha]


oke sekarang pasang semua dan perhatikan cek ulang partnya. test ride, woow rem sekarang sudah pakem n ga dalem lagi.


kesimpulan:
1. sebenernya masalah2 pada tromol timbul akibat komponen nya kotor.
2. bersihkan dan beri sedikit pelumas biar komponen nya bergerak sesuai tugasnya lagi
3. biasakan mengenali kendaraan sendiri. karena bengkel ga akan memperhatikan hal2 kecil ini.



Comments