benerin kaliper cakram macet

2 bulan lalu kaliper cakram motor saya kena masalah yaitu mau ganti kampas tapi malah baut pengunci nya rusak. sama bengkel dipaksa buka dengan ketokin palu. walhasil cakram jadi ga rata. dan akhirnya kaliper kena bubut deh. buat bolongin ulang baut nya.

 

nah waktu pemasangan ulang itulah saya mulai curiga ada yg ga beres dengan kalipernya, yaitu terlihat tumpukan tanah tebal di belakang per eh pegas eh ato koil ato apalah itu di tempat kampas rem nya. awalnya ya cuekin aja, pasang kampas, isi minyak rem, ok deh.

belakangan ini kok terasa payah, cakram yg ga rata selain menggesek kampas cukup kencang, juga menimbulkan bunyi2an tidak sedap seperti ngiiikkk, nguukkkk. terutama saat berhenti n di dorong tanpa dorongan mesin. weeh kecurigaan saya mulai teringat pada kaliper yg kotor itu. setelah baca banyak blog. banyak yg bilang kalo komponen2 kaliper harus bisa bergerak sesuai tugasnya. akhirnya bongkar sendiri lagi dah si kaliper ini.

wow komponen2 nya ternyata terendam dalam kotoran padat yg banyak. foto ini diambil udah saya bersihkan. di area merah itulah belakang pegas yg penuh tanah. sehingga pegas ga bisa gerak ke belakang. pada area biru itu piston cakram nya juga ga mau ngeslide balik. menurut para blogger yg udah ahli. piston tsb harusnya dilepas dengan kompresor, tapi berhubung keterbatasan alat, saya ga sampe ngelepas tu piston [saya beri oli dikit biar bisa ngeslide lagi]. minyak rem juga saya kuras habis. trus semua komponen gerak kaliper saya bersihkan semua, termasuk baut n dudukan baut.
 
 pegas ini juga penuh tanah sehingga ga bisa dorong kaliper. gosok dengan obeng n cutter sampe bersih. untung masih baik n sempurna.

semua bersih, pasang kembali komponen kaliper, pasang kaliper pada dudukan, ganti minyak rem baru, cek ulang pemasangan dan test ride. hore berhasil. ilang dah bunyi ngik nguk2. meski cakram agak ga rata tapi kalo kaliper ga macet, maka dia ga akan ngegigit banget sampe seret. kampasnya bisa ngelepas gigitan pada cakram bila komponennya berfungsi normal. sekarang cakram supra saya jadi seperti cakram beat. kalo direm ga langsung ngunci ban, tapi berhenti perlahan.

kesimpulan:
1. saya bukan ahli mekanik dan ga begitu ngerti cara kerja kaliper cakram, tapi hari gini kan bisa belajar lewat blog2 ahli. jadi berbekal "cinta kebersihan" saya bongkar dah itu kaliper.
2. rem cakram berfungsi normal lagi ketika semua komponennya bersih. hal kecil spt ini malah luput dari perhatian kru bengkel.
3. kerjakan penuh cinta. pasti berhasil hehe


Comments

  1. Bengkel resmi emang ga selalu bekerja bagus bro. Kawasaki KLX saya sj aku servis ndiri:)

    ReplyDelete
  2. Ai laik it, gan "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐ"̮‎​​‎​​​‎​...

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. kerenan naik ontel hahahahhahah :P :P

    ReplyDelete
  5. Spesialis AC atau Pendingin Mobil “Trimulyo Mobil” melayani panggilan atau dirumah dengan harga murah dan bersahabat. Juga melayani bubut rem mobil Anda secara panggilan, Anda telpon kami datang membawa mesin bubut.

    ReplyDelete

Post a Comment