oli gear di matic [honda beat]

berawal dari si matic yg tarikannya agak ga enak, matic ane dah 11000KM/2tahun [karena udah dekat bgt nih feeling sama tiap2 motor yg ane miliki jadi sedikit getaran aja pasti tau nih motor lagi ga beres hahaha]. nah masalahnya bermula dari saat berhenti trus digas diajak jalan, muncul getaran2 di deket roda belakang, trus motor juga ga langsung bereaksi utk bergerak. ah ane pikir sama kaya motor bebek, minta ganti oli mesin n ganti busi [bulan lalu motor bebek ane juga ganti oli n busi tarikannya langsung wus]. oke deh anggaran keuangan bulan ini buat beli oli mesin n busi. langsung awal bulan ganti dah 2 part. tapi kok tarikan masih loyo gini. baca2 lagi deh buku petunjuk manual. bolak balik sampe berpuluh2 kali, blm dapet juga solusinya. ada tabel di dalam buku petunjuk ttg tabel periodik penggantian, ane cek, semua part yg ada ditulis disitu dah ane ganti sesuai batasan KM yg ditentukan. penasaran bgt, akhirnya ane googling masalah v-belt [takutnya kenapa2 dg v-belt ane, harga resminya aja 120rb, mahal gila]. akhirnya nemu keyword "oli transmisi" [hah apaan nih blm pernah denger]. buka lagi buku petunjuk, akhirnya nemu juga, tapi hanya di halaman terakhir bagian spesifikasi motor ada kata2 oli transmisi [tanpa penjelasan apapun ato kapan suruh ganti dsb]. waduh teledor sekali pabrik motor ini sampe ga mencantumkan bagian vital ini. lha wong ane ke AHASS juga ga dicek tuh si oli transmisi ini. huuh makin ga percaya sama bengkel baik resmi apalagi yg ga resmi. langsung googling lagi 5W n 1H ttg oli transmisi ini. nah langsung ane meluncur ke toko part langganan utk menebus oli gear/transmisi ini.

murah kok cuma 12 rb aja. kata beberapa blogger yg udah nulis duluan, bisa juga pake oli mesin yg baru. hanya butuh 120ml aja. tapi karena ane beli oli mesin yg pas 700-800ml n dah abis hehe, jadilah beli ini aja.

okeh langsung liat ke motor, dimana nih letak lobang buangan oli n masukin olinya.


nah itu. ada 2, atas dan bawah. posisinya absurd ya, masa lubang buat masukin [yg atas] posisinya sama dengan lubang buang [menghadap samping]. 

lanjut, buka dengan kunci T12 ato Y12 bebas dah. yg ptg 12.


buka bagian atas dulu, ntar olinya rembes dikit dari lubang atas, ok ga apa. siapin tempat buat nampung oli, buka lubang bawah, oli bekas pun keluar. miringkan motor ke kiri biar oli keluar semua. kalo udah, tutup lubang bawah, trus miringkan motor ke kanan. masukin dah oli baru dg cara agak di pompa botolnya.



kalo udah tutup dah, langsung tes jalan. wow ternyata berhasil tarikan motot matic ane kaya baru keluar dealer [lebay], beneran, begitu digas buat jalan motor langsung bergerak, ga kaya kemaren. nah jangan lupa ganti oli gear tiap 5000KM ya.





Next Project:

saatnya ganti kanvas rem cakram supra 

 tuh lubang sekrupnya saking seretnya sampe dirusak sama tukang bengkel ngawur. kata tukang bengkel bego harus di bubut [halah mahal]. ane akan bongkar sendiri ini dg tangan sendiri. tapi bulan depan ya, nunggu duit buat beli alat. 

mohon maaf bila ada kata2 yg salah, ane hanya nyubi jelata yg menceritakan dengan bahasa sendir hahaha. semua yg ane lakukan adalah berdasar watch n learn.






Comments