[UPDATE 2020] Perpanjang STNK Atau Pajak 5 Tahun SAMSAT Karangploso Kabupaten Malang


Oh artikel ini sebelumnya sudah ada yaitu seperti disini. Tapi karena sudah outdate, tahun ini caranya beda dan aturan nya beda lagi. Biasanya setelah cek nomer, maka nomer sepeda motorku tetap, karena tidak pindah rumah, tapi entah kenapa tahun ini harus ganti nomer. Iyaa, ganti nomer berati ganti BPKB, yang berarti + 100 ribu. Maka kurasa perlu bikin artikel baru.

To the point, cara baru yang beda dengan artikel 5 tahun lalu.
ilustrasi denah Samsat Karangploso Kab Malang Januari 2020

1.     Datang, bawa kendaraan yang akan dibayarkan pajak 5 tahun nya. Masuk samsat langsung antri ke bagian penggesek nomer mesin dan nomer rangka. Selesai di gesek, parkir kendaraan anda di tempat parkir.
2.     Foto copy syarat (ktp, bpkb,stnk) + beli map. Balik ke bagian penggesek nomer tadi, minta formulir nomer kendaraan yang telah digesek. Isi formulirnya, masukan ke map yang berisi syarat yang telah difotokopi + asli nya, serahkan ke loket 1. Tunggu panggilan.
3.     Setelah dipanggil, map dikembalikan, bawa ke loket 2. Tumpuk dan tunggu panggilan dari loket 3.
4.    Dari loket 3 akan diberitahukan tentang ini itu (saat itu harus ganti nomer). Dan tunggu lagi panggilan dari loket 4.
5.     Setelah mendapat panggilan dari loket 4, kita akan diberi formulir lagi untuk diisi beserta map yang sudah di periksa, kemudian serahkan map + formulir tadi ke loket 1 dalam untuk verifikasi pembayaran. Tunggu panggilan dari loket 2 dalam.
6.    Setelah dipanggil loket 2 dalam, maka bayar sesuai tagihan. Serahkan stnk asli ke loket 3 dalam untuk verifikasi dan bukti pembayaran pajak. Tunggu panggilan.
7.    Setelah dipanggil kembali oleh loket 3 dalam, kita mendapatkan stnk dengan pengesahan dan bukti pembayaran pajak tahunan. Kemudian diarahkan ke tempat percetakan plat nomer.
8.     Serahkan stnk baru pada tempat percetakan nomer, tidak begitu lama, plat nomer baru pun selesai.
9.     Pulang.

Behind the scene
1.     Jumlah fotokopi stnk & bpkb serahkan saja pada tukang fotokopi. Hasil fotokopi + map seharga 10 ribu.
2.   Di loket 2 terjadi antrian lama sekali. Mungkin petugas harus input data manual, mungkin ya mungkin. Setelah dipanggil, ternyata BPKB asli harus ditinggal karena menurut aturan baru, motor kami harus ganti nomer.
3.   Pengambilan BPKB yang telah diberi keterangan ganti nomer polisi, berada di SATPAS SIM Singosari dengan jarak dari pembayaran sekitar 1 bulan.


Sekian cerita perpanjang STNK atau pembayaran pajak 5 tahun pada periode tahun 2020 ini. 
Semoga membantu bagi yang masih kebingungan.




Comments