[UPDATE 2020] Perpanjang SIM di SATPAS Singosari





Sama seperti artikel sebelumnya yaitu update bayar pajak 5 tahunan, ternyata perpanjang sim 5 tahunan juga ada aturan baru yang gimana ya, kudu tambah modal lah. Perbedaan dengan perpanjang SIM 5 tahun lalu adalah adanya tes psikologi berbiaya 50 ribu yang harus dilakukan sebagai syarat perpanjang SIM dan untuk pembuatan SIM baru. Oiya yang terbaru dari pelayanan SIM di SATPAS Singosari adalah, adanya sistem antrian yang membedakan antara pria dan wanita. Jadi wanita dapat keuntungan untuk selalu di dahulukan. Note: hanya berlaku di kantor polisi nya, tidak berlaku di tempat tes kesehatan (diluar kantor polisi).

Ok, step by step barunya:
1.     Datang ke SATPAS, bisa parkir di dalam kantor polisi atau parkir luar pinggir jalan dekat tempat tes kesehatan. Sebisa mungkin, bawa kurang lebih masing-masing 5 fotokopi KTP & SIM, dan bolpen untuk menghindari repot di lokasi.

2.     Datanglah ke tempat tes kesehatan, berikan 1 fotokopi SIM & KTP kepada resepsionis nya (halah resepsionis apaan wkakaka, bilang aja kakek penunggu loket). Karena saat itu tidak pake sistem formulir, si kakek kemudian menanyakan tinggi badan, gol.darah dan pendidikan terakhir, yang kemudian dicatat di fotokopi yang tadi kita serahkan. 185/B/SMK – misalnya.

3.     Setelah di isi demikian oleh si kakek, kemudian tinggal tunggu panggilan untuk tes.

4.     Sambil menunggu dipanggil, kalian bisa membeli dulu map yg berlogo huruf SIM di depan loket tes kesehatan seharga 6 ribu. Nanti si penjual map akan men-streples 3 fotokopi SIM & KTP di muka map, sekaligus 1 pasang lain nya untuk tes psikologi. (sampe sini udah 5 lembar fotokopi SIM & KTP yang kita gunakan)

5.     Setelah di panggil ke dalam ruang tes, seperti biasa, tes huruf jauh, tes huruf bunglon, kemudian tensi darah, bayarlah 20 ribu untuk surat keterangan lulus nya. Selesai.

6.     Masukan surat keterangan lulus tadi ke dalam map, dan pergilah ke Ruang Tes Psikologi yang masih bersebelahan dengan ruang tes kesehatan dan warkop.

7.     Setelah di cek syarat kelengkapan di map, dan diminta 1 kopian KTP & SIM, kalian akan mendapat arahan secara cepat bagaimana cara mengisi lembar jawaban tes psikologi. Tidak perlu kuatir bolpen, sudah disediakan.

8.     Isi lembar jawaban dari soal yang disediakan.

9.     Selesai, serahkan pada petugas di bagian depan, jika lolos, bayarlah 50 ribu untuk surat keterangan nya.

10.  Saatnya masuk ke kantor polisi. Masuknya dari bagian belakang seperti biasa. Perhatikan petugasnya, ibu-ibu ke petugas ibu-ibu, dan bapak-bapak ke petugas bapak-bapak.

11.  Serahkan map berisi syarat tadi, setelah diperiksa, akan diberi formulir untuk diisi. Setelah diisi, berikan map + formulir tadi kepada petugas. Ingat, antrian wanita dan pria beda.

12.  Setelah diberi nomor antrian, tunggulah panggilan di ruang tunggu.

13.  Setelah nomor dipanggil, bayarlah biaya perpanjang SIM ke loket BRI. Perpanjang SIM C tahun 2020 tetap 75 ribu.

14.  Setelah pembayaran, tunggu lagi di ruang tunggu, untuk menunggu giliran masuk ke ruang identifikasi entah verifikasi (lupa).

15.  Setelah mendapat panggilan, masuk ke ruang identifikasi itu, konfirmasi data yang telah di isi. Maka map kembali diserahkan untuk dibawa ke ruang foto.

16.  Tumpuk map ke bagian foto, petugas akan meminta menyertakan SIM asli.

17.  Tunggu panggilan sesuai urutan nomor antrian tadi. Setelah di foto, isi daftar hadir di depan ruang pengambilan SIM.

18.  Tunggu nama kalian di panggil. Selesai, SIM baru sudah di tangan.

Behind the scene:
1.     Ongkos:
-        Parkir                    : 3 ribu
-        Kesehatan             : 20 ribu (usahakan bawa uang pas)
-        Psikologi               : 50 ribu
-        Map                       : 6 ribu
-        Perpanjang            : 75 ribu
Total                     : 154 ribu

2.     Berhati-hatilah menjawab tes psikologi,meski soalnya mudah, dan hanya pilih jawaban ya/tidak sebanyak 30 soal, tapi agak membingungkan. Seperti, apakah anda tidak pernah tidak sakit perut? Hal ini membingungkan karena ada 2 tidak yang artinya saling mentralisir pernyataan negatif. Luangkan waktu anda, tidak perlu terburu-buru dalam menjawab. Petugas pemeriksa sepertinya sudah paham dengan pattern jawaban, jadi ya itu tadi, jawabnya hati-hati, santai saja, di ruangan ini tidak se-ramai tes kesehatan kok.

3.     Jangan menyepelekan tes mata, ada lho yang ga lolos. Ibu-ibu, kelihatan nya udah  berumur. Saat sudah bayar surat kesehatan ternyata dia ditolak tes psikologi, karena surat kesehatan nya dinyatakan tidak lolos. Dan si ibu protes.

4.     Bawa KTP dan SIM asli. Ingat, KTP adalah E-KTP atau Suket. Kantor polisi punya lho alat pembaca E-KTP asli.

5.     Sebenernya prosesnya engga begitu lama kok. Kira-kira dari jam 8 sampe jam 11an selesai kalo mesin cetaknya lancar. Jaga-jaga antrian panjang seperti kemarin (akibat gangguan mesin cetak) bawalah snack dan minuman, karena masuk angin itu tidak enak.

6.     Antrian wanita dan pria berbeda bukan sekedar gimmik, wanita hamil dan membawa anak mendapat prioritas untuk diselesaikan terlebih dahulu dari bapak-bapak. Bagus kok ini.


Sekian update cara perpanjang SIM di SATPAS Singosari Kabupaten Malang periode tahun 2020.
Semoga membantu bagi yang masih sedikit kebingungan.

Comments