Trik Mencegah Pulang Pagi Bagi KPPS


kpud-sumenepkab.go.id



Hmm udah lama juga aku ga menulis di blog ini. Habisnya sibuk bikin konten di tempat yang langsung ada duitnya per artikel sih hahaha.

Ok, seperti biasa, sesuai tema blog ku ini, kali ini aku akan menulis tutorial dan trick dalam menyelesaikan tugas KPPS berdasar analisis masalah yang kutemukan dari pengalamanku sendiri menjadi anggota KPPS dalam pilpres dan pileg 17 April 2019 yang super rumit dan merepotkan ini. Hal ini juga sebagai catatanku untuk di masa depan kalo aku berniat jadi anggota KPPS lagi dan mengincar jabatan sebagai ketua (duitnya lumayan sih) hahaha.

Lucu ga sih, umumnya yang aku tulis di blog ini adalah sesuatu yang segera aku lupakan, contohnya, pembayaran pajak kendaraan 5 tahun dan perpanjang SIM. Saat pelaksanaan tiba, aku akan segera membuka blog ku sendiri untuk “how to” sambil mengingat dengan serius kejadian waktu itu.

Anggota dalam sebuah tim KPPS ada 7 orang, 1 orang ketua dan 6 orang anggota.
Tugas ketua tim adalah yang paling berat, yaitu bertanggung jawab pada PPS atau panitia tingkat kelurahan dan me-manage pekerjaan anggota tim KPPS nya.

Ternyata setelah pekerjaan ini selesai, timbul berbagai masalah yang menurutku hanya bersumber dari kegagalan manajemen waktu dan tugas yang berbuntut pada molornya penyelesaian tugas.
Catatan: tim kami menyelesaikan seluruh penyelenggaran, penghitungan dan pengisian form pada jam 03.30 pagi. 21 jam kerja! 
what a superb, seorang yang mengaku dirinya seorang lazyholic akhirnya bisa juga begadang sambil keep moving menulis ratusan lembar form!  
Ngomongin begadang sambil kerja sebenernya sudah beberapa kali sih kulakukan, anehnya, selalu baik2 saja.


Ok, langsung ke “apa yang seharusnya” dilakukan.
1.     Sebagai ketua, setelah ditunjuk (diumumkan), segera berkenalan dengan anggota lain, setelah paham karakter anggota (1), saat itu juga segera bagi tugas kepada mereka (2). Tunjuk mana anggota 1-6 dan jenis pekerjaan yang nanti harus mereka kerjakan (3).
Jenis kemampuan yang harus dimiliki anggota:
Ketua              : me-manage pekerjaan dan waktu serta tanggung jawab ke atas
Anggota 1       : mendampingi ketua dalam banyak pekerjaan (cari yang gesit)
Anggota 2       : tugas mencatat (cari yang tekun)
Anggota 3       : multi role (cari yang teliti)
Anggota 4       : multi role
Anggota 5       : multi role
Anggota 6       : warga sekitar TPS yang bisa manage warga (mencegah potensi chaos)
Kok kaya guild game online ya, leader, assassins, fighter, tanker, witch hahaha.

2.     Segera booking tenda/terop ke persewaan terdekat (4). Duitnya memang belum keluar, tapi hal ini harus segera dilakukan sebelum kalah cepat booking dengan tim KPPS lain.
3.     Segera tentukan tempat dengan bantuan salah satu anggota yang mengenal wilayah yang diperkirakan untuk berdirinya TPS (5).
4.     Ikuti bimtek, selalu komunikasi dengan anggota, kenali karakter mereka.
5.     Trik membangun TPS, jauhkan posisi pengawas dari meja pendaftaran, karena kita ga ingin mereka banyak cing cong - engga juga gpp sih, umumnya pengawas juga ga pengen dia kena masalah dari atasan nya.
6.     Jenis pekerjaan anggota guild, eh tim KPPS mulai saat pelaksanaan pemungutan suara:
Ketua              : me manage pekerjaan dan anggota – jangan ragu
Anggota 1       : mendampingi ketua di meja pendaftaran, pekerjaan tulisan.
Anggota 2       : sama kaya anggota 1, keduanya harus cepat, multi role.
Anggota 3       : menjaga absensi peserta
Anggota 4       : membantu anggota 3, keduanya harus cermat dan sangat teliti
Anggota 5       : menjaga kotak suara dan tinta
Anggota 6       : mengerjakan tugas lain - harus bisa - all rounder (6)

7.     Manajemen waktu dan pekerjaan:
·       Sebelum TPS dibuka, terima surat mandat saksi - harus
·       TPS dibuka jam 07.00, kotak dibuka, cek isinya, oleh ketua dan anggota KPPS.
·       Jauhkan saksi karena bikin penuh tempat (7).
·       Utamakan menegur saksi yang bikin gaduh, karena mengganggu (8)
·       Disinilah tugas penting anggota 6, karena tidak diberi tugas khusus saat pemilihan berjalan (bisa juga swap dg anggota nomer 2 dg cara ketua turun tangan mengisi kertas suara dg anggota 1, apabila ternyata tidak memiliki anggota 6 dengan skill all rounder). Isi identitas kpps pada 5 form (9) (ppwp, DPD,DPR/D/DII), pada 1-2 halaman pertama. Ambil tanda tangan saksi terutama di form hologram. Lakukan pada saat pemilihan berlangsung sejak awal (10). Lakukan dengan pengawasan dari ketua. 
------------------ini harus selesai dulu sebelum langkah selanjutnya---------------------------
·       Bagikan salinan form C1 ppwp pada masing2 saksi calon presiden, suruh isi dengan cara mencontek form yang telah di isi (yaitu identitas kpps).
Bagikan salinan form C1 DPD/DPR/D/DII kepada masing-masing saksi, isi sesuai contoh, sekalian tanda tangan saksi lain di kolom yang tersedia (11).
-------------------------------------------------------------------------------------------
·       Dalam waktu 6 jam penyelenggaraan, saksi harus sudah selesai dengan pengisian identitas form. Kalo bisa anggota 6 juga harus bisa mengisi banyak kira2 4-6 bundel identitas di berbagai jenis form lain nya termasuk sampul dkk. 6 jam sangat cukup, disini ketua juga harus mendampingi dalam memberi perintah dan bekerja sama.
·       Jam 12/13.00 saat TPS tutup, istirahat sebentar.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
·       Sebelum penghitungan, gunakan 2 anggota sebagai penghitung isi kotak sebelum dihitung di plano, apabila menggunakan 5 kotak, buka semua kotak pastikan tidak ada yang tertukar warna. Gunakan 2-3 anggota lain untuk pasang form C plano. 1 anggota lain menyiapkan catatan dan kalkulator di depan plano.
·       Waktu penghitungan, gunakan 1 anggota yang paling gesit dan tidak lemot untuk mencoret plano, gunakan 1 sebagai cadangan pendengar. 1 anggota pembuka kertas, 2 anggota pelipat kertas.  1 anggota lain siap dengan catatan backup dan siap mengisi di form tipe salinan.
·       Selesai penghitungan, cocokan jumlah kertas suara dan garis coretan menggunakan anggota pencatat tadi. Selesai, tanda tangan. Suruh saksi mencatat hasilnya. Harus cocok! Baru tanda tangan ketua.
·       Ulangi langkah diatas.
·       Selesai semua, isi form hologram sesuai plano. Masukan semua ke dalam kotak.

Logistik tambahan supaya anggota tidak mudah tewas: (12)
1.     1 box air mineral, usahakan hanya bisa diakses petugas kpps saja.
2.     1 box bolpen biru, yaelah murah meriah, duit tambahan untuk fasilitas juga cukup banyak.
3.     Makanan ringan yang tidak mengotori, seperti biskuit kering.
4.     Makanan agak berat yang mudah dimakan sambil bekerja, roti atau sosis misalnya.
5.     1 box minuman manis atau kalo perlu sport drink khusus untuk anggota. cih, gegara kehabisan gelas aku sampe ga minum apapun dari maghrib sampe subuh, asli bahaya, jangan sampe terulang. ya sekarang emg ga ada efeknya, saat tulisan ini ku tulis, aku masih cukup muda dan memiliki tubuh yg cukup menampung banyak energi.

Dengan mengikuti langkah diatas, setidaknya tidak akan terulang selesai pekerjaan hingga matahari terbit.



Comments